Kamis, 11 Februari 2010

Penguat Rasa MSG Menyebabkan Kegemukan

Monosodium glutamat (MSG), zat penguat rasa yang digunakan secara luas, ternyata dapat menyebabkan kegemukan pada manusia. Hal ini diketahui melalui suatu penelitian yang dilakukan di University of North Carolina baru-baru ini. Sebelumnya, penelitian lain telah membuktikan bahwa MSG dapat menyebabkan penambahan berat badan pada binatang percobaan.

Para peneliti bekerjasama dengan rekan mereka di Cina meneliti sebanyak 752 pria dan wanita sehat, berusia antara 40-59 tahun, yang dipilih secara acak dari wilayah pedesaan di bagian utara dan selatan Cina. Para peserta percobaan dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan atas jumlah rata-rata asupan harian MSG. Rata-rata asupan harian MSG ketiga kelompok ini adalah sepertiga gram.

Ternyata diketahui bahwa kelompok yang menggunakan MSG paling banyak memiliki jumlah orang yang kegemukan sejumlah 3 kali lipat dibanding kedua kelompok lain yang menggunakan lebih sedikit MSG. Data ini sejalan dengan hasil yang dilakukan terhadap hewan percobaan tahun lalu.


Sumber :
http://www.apoteker.info/Topik%20Khusus/MSG_kegemukan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar